8 Cara Maksimalkan Jualan di Marketplace Biar Laris Manis

Siapa yang udah maksimalkan Marketplace untuk mengembangkan bisnismu? Nah buat yang belum, ini momen yang tepat memaksimalkan platform marketplace untuk promosi lho.

 

Marketplace jadi salah satu platform yang dibuka banyak orang, apalagi sejak munculnya pandemi Covid-19.

Orang-orang yang banyak beraktivitas di rumah cenderung lebih sering menggunakan Handphone untuk berbelanja. Hayoo.. Kamu jadi salah satunya kah?

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa selama pandemi Covid-19, minat masyarakat untuk berbelanja secara online justru meningkat sekitar 20%.

 

Nah, pasti pengen kan maksimalkan jualan di marketplace? Yuk, coba ikuti 8 cara ini agar jualanmu laris manis.

1. Lengkapi Profil Toko

Kalau profil toko kamu gak jelas atau gak lengkap, gimana calon pelanggan mau percaya dengan tokomu?

Karena itu, mulai lengkapi profil toko dengan jelas dan professional untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan.

Profil toko yang bisa kamu lengkapi, yaitu : foto profil, deskripsi toko, kontak, buat kategori per-produk, deskripsi produk yang jelas, dan lainnya.

2. Deskripsi & Foto Produk

Selain deskripsi toko, kamu juga perlu perhatikan deskripsi produk. Percuma jika kamu pakai foto produk yang bagus tapi deskripsinya gak ada atau kurang jelas, yakin calon pelanggan mau membeli?

Karena itu, coba lengkapi produk dengan deskripsi yang jelas, di dalamnya bisa berisi jenis produk, spesifikasi, keunggulan, dan info lainnya yang bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli produkmu. 

3. Berikan Pelayanan Terbaik

Performa toko kamu di marketplace pasti dipengaruhi oleh pelayananmu terhadap pelanggan. Semakin cepat dan baik respon yang kamu berikan, semakin bagus pula performa tokomu. Jadi, jangan malas-malas untuk membalas chat atau pertanyaan dari calon pelanggan yaa. Selain itu, kamu juga harus rajin-rajin cek pesanan yang sudah dikirimjika pesanannya sudah sampai tapi pelanggan belum mengonfirmasi & memberikan nilai, kamu bisa follow up mereka.

4. Manfaatkan Fitur di Marketplace

Cara lain yang bisa kamu maksimalin adalah ‘otak-atik’ fitur yang ada di Marketplace. Seperti fitur iklan, naikan produk, broadcast dll.

5. Promosikan Toko Marketplace di Media Sosial

Coba bayangin kalau kamu promosikan atau kasih tau orang lain tentang tokomu di Marketplace, kesempatan closing bisa lebih maksimal. Karena sekarang semakin banyak keuntungan yang bisa didapet calon pelanggan saat berbelanja, misalnya Free ongkir, paylater, dan lain-lain.

6. Beri Pilihan Jasa Pengiriman yang Beragam

Dengan banyaknya pilihan, calon pelanggan jadi lebih bebas menentukan kapan berapa biaya ongkos kirim dan waktu saat mereka menerima pesanan.

Biasanya tarif ongkos kirim dari masing-masing jasa pengiriman itu berbeda, ada yang sangat murah, murah, dan mahal. Jadi, biarkan calon pelanggan memilih sesuai keinginan mereka ya.

7. Harga Bersaing

Salah satu alasan orang berbelanja di marketplace karena harga produknya cenderung bersaing & terjangkau. Di Marketplace juga orang lebih mudah membandingkan harga produk di satu toko dengan toko lainnya. Karena itu, kamu bisa riset dulu harga pasaran dari produkmu berapa, sehingga harga produkmu bisa bersaing dengan toko lainnya.

8. Testimoni Pelanggan

Testimoni jadi salah satu alasan apakah calon pelanggan akan membeli produk kamu atau enggak. Dengan testimoni yang bagus dan meyakinkan, orang-orang lebih yakin untuk membeli.

 

Udah siap lakuin 8 cara di atas? Yuk, saatnya action

Jalan Markisa No 115, RT 01, RW 09, Perum BSI II, Blok A6, Pengasinan, Sawangan, Depok, Jawa Barat